Jumat, 23 Januari 2009

Pembesaran Belut


Kota Bogor mempunyai rata-rata ketinggian minimum 190 m dan maksimum 330 m dari permukaan laut dengan Kondisi iklim di Kota Bogor suhu rata-rata tiap bulan 26’ C dengan suhu terendah 21,8’ C dengan suhu tertinggi 30,4’ C. Kelembaban udara 70 %, Curah hujan rata-rata setiap tahun sekitar 3.500 – 4000 mm dengan curah hujan terbesar pada bulan Desember dan Januari serta Luas Wilayah Kota bogor sebesar 11.850 Ha terdiri dari 6 kecamatan dan 68 kelurahan. Kemudian Secara Administratif kota Bogor terdiri dari 6 wilayah kecamatan, 31 kelurahan dan 37 desa (lima diantaranya termasuk desa tertinggal yaitu desa Pamoyanan, Genteng, Balungbangjaya, Mekarwangi dan Sindangrasa), 210 dusun, 623 RW, 2.712 RT dan dikelilingi oleh Wilayah Kabupaten Bogor yaitu sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kec. Kemang, Bojong Gede, dan Kec. Sukaraja Kabupaten Bogor.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Sukaraja dan Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kec. Darmaga dan Kec. Ciomas, Kabupaten Bogor.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kec. Cijeruk dan Kec. Caringin, Kabupaten Bogor.

Secara geografis Kota Bogor terletak di antara 106’ 48’ BT dan 6’ 26’ LS, kedudukan geografis Kota Bogor di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya sangat dekat dengan Ibukota Negara, merupakan potensi yang strategis bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dan jasa, pusat kegiatan nasional untuk industri, perdagangan, transportasi, komunikasi, pariwisata pertanian dan perikanan.

Dengan iklim dan struktur kondisi kota bogor, saya yakin, usaha tambak belut ini akan berjalan dengan baik.

Belut Super Indonesia berdiri pada bulan Desember tahun 2008 dengan modal disetor Rp 50.000.000, total investasi keseluruhan adalah Rp 80.000.000. Usaha utama kami adalah membesarkan belut. Kami mencoba untuk membersarkan belut pada Januari tahun 2009 dan sampai saat ini kami masih dalah tahap pemeliharaan / tanam bibit belut berkualitas.

Pusat pembesaran Belut Super Indonesia berlokasi di lereng pegunungan............., Bogor. Airnya sangat bagus karena diambil dr mata air pegunungan langsung dan iklimnya sangat cocok untuk belut.

Pemegang saham mulai membesarkan belut sejak tahun 2009 dengan teknologi manual. Kami mempunyai lokasi seluas 1500m2 di tiga tempat lokasi yang berbeda di kawasan pegunungan Bogor untuk membesarkan belut dan kami yakin mampu mensuplai belut berkualitas tinggi dalam jumlah besar.

Untuk pembesaran belut, pakan yang diperlukan terdiri dari gedebog pisang dan pupuk kandang dan pupuk organik yang cukup disediakan pada saat persiapan awal kolam, pemberian makanan tambahan berupa pelet, bekicot, ikan cere dan lainnya bila diberikan dapat mempercepat waktu panen belut dari 7 bulan tanpa pakan tambahan menjadi 4 bulan saja bila diberikan pakan tambahan. Pembesaran belut yang tidak memerlukan pakan yang harganya relatif mahal seperti ayam akan beresiko lebih rendah karena tidak tergantung pada fluktuasi harga pakan.

1 komentar: